Mengenal lebih jauh mengenai Saham Sebagai Sarana Investasi

 Untuk Mengenal lebih jauh mengenai Saham Sebagai Sarana Investasi, Anda perlu tahu apa yang dimaksud dengan pasar modal. Pasar modal adalah sarana kegiatan yang berkaitan dengan penawaran umum atau perdagangan efek dari perusahaan yang akan go public. Selain itu, pasar modal juga merupakan sarana bagi investor dan pihak ketiga yang membutuhkan dana besar  untuk melakukan perdagangan instrumen pasar modal seperti obligasi dan saham.

Perlu dipahami bahwa pasar modal merupakan alternatif investasi yang sangat menarik karena menyediakan berbagai macam instrumen investasi. Pasar modal memungkinkan investor memiliki berbagai saha perusahaan yang bagus dan menguntungan.

SAHAM

Secara umum, saham adalah penyertaan kepemilikan perusahaan. Menurut istilah saham adalah surat berharga untuk menjadi bukti dalam kepemilikan atau penyertaan dari individu atau instansi suatu perusahaan.

JENIS-JENIS SAHAM

SAHAM PREFEREN

Saham preferen itu sendiri memiliki karakteristik umum  yang berbeda dengan saham biasa. Pada saham preferen, deviden dibayar dalam jumlah atau nilai yang tetap. Selain itu, saham preferen dapat dikonversikan menjadi saham biasa. Apabila perusahaan mengalami likuiditas, pemegang saham preferen mempunyai hak klaim terlebih dahulu dibandingkan dengan jenis saham biasa. Perbedaan yang paling mencolok, saham preferen tidak ditawarkan di bursa saham seperti saham biasa.

Saham Biasa

Saham ini biasanya ditransaksikan di bursa efek indoneisa. Investor yang memiliki jenis saham ini akan mendapatkan bagian keuntungan yang diperoleh perusahaan dalam bentuk deviden. Pembagian deviden oleh perusahaan akan dilakukan apabila kinerja keuangan perusahaan cukup bagus dan sudah mampu membayar kewajiban keuangan lainnya.

KEUNTUNGAN INVESTASI SAHAM

Sebagai calon investor saham, kamu harus mengetahui keuntungan yang akan diperoleh dalam melakukan investasi pada instrumen saham diantaranya:

Capital Gain

Capital gain merupakan selisih antara harga saham yang dijual  lebih tinggi dari harga beli. Investor yang memilih saham yang bagus diharapkan akan memperoleh keuntungan dalam bentuk capital gain.

Deviden

Selain mendapatkan dari capital gain, investor saham yang cerdas, tentunya akan memilih saham dari perusahaan yang memiliki kinerja keuangan yang bagus. Dengan begitu, diharapkan akan mendapatkan deviden tunai dari perusahaan tersebut.

Untuk Navigasi Lengkap Silahkan Kunjungi Peta Situs



Baca Juga:

Langganan Via Email
Copyright © | by: Ikhza